About me?

Foto saya
I'm humble and friendly

Rabu, 20 Juli 2011

3 Detik untuk 3 x Lebih Baik

Hiks, hiks, hiks, tampaknya aku masih disebelin sama teman ku yang hatinya telah tersakiti oleh tulisan yang aku buat itu. Aduuuuh sedih banget, rasanya ingin bernyanyi ala Mas Duta saja: "Dan....bukan maksudku, bukan inginku, melukaimu, sadarkah kau? Di sini pun ku terluka....huoooo huoooooo." Ya...Tapi mau gimana lagi ya? Karena aku yang berani menulis, aku juga yang harus bisa bertanggung jawab. Maksudnya Lo yg nanggung, gue yg jawab.. Ahahaaayyyy...
 

Aku ga perlu sampai ikut jihad fisabililah di tanah suci Palestina sana, aku ga perlu menjadi bagian dari demonstrasi mahasiswa menentang kebijakan pemerintah yang merugikan rakyat, aku tidak perlu kabur dari rumah karena beradu argumentasi dengan orang tua, aku tidak perlu semua itu untuk belajar apa itu arti dari sebuah frase bernama 'tanggung jawab'.

Ketika Tuhan memberikan banyak kesempatan untuk aku menulis apa yang ku rasakan, maka dengan cara itu pula lah Tuhan mengingatkan aku. Ketika sebuah tulisan tak hanya terdiri dari rangkaian kata saja, namun juga terdapat rasa di sana. Bahagia? Sedih? Kesal? Sakit hati? Bingung? Sagala aya! (google translation: semuanya ada!)

Jadi sedikit ingat dengan sebuah kejadian yang dialami oleh salah seorang kakak sepupuh ku, Tétéh Penélope Cruz (dia mah suka gitu orangnya, ngaku-ngaku orang Spanyol, padahal asli lahir di Palembang). Ketika dia masih berumur 16 tahun, saat dia sedang berjalan berdua saja dengan ayahnya di pinggiran jalan di kota Madrid (Baca:Bogor), lewatlah sebuah mobil dan berteriaklah sang pengemudi: "Hi! I love you!" Lalu, lewatlah sebuah mobil lainnya dan berteriaklah salah seorang di dalamnya, "Hi! Horn!"

Dan, 19 tahun kemudian, ketika dia pernah bermain film Volver, ketika dia telah mendapatkan oscar, ketika dia sempat merebut Tom Cruise dari genggaman Nicole Kidman, dia baru sadar kalau selama ini, segala yang dia lakukan akan selalu menimbulkan dua reaksi. Dan dia tidak bisa memaksakan agar semua orang memuja akting yang dia lakukan dalam film Vicky Cristina Barcelona sebagai tokoh María Elena karena masih ada juga orang yang mencaci dia sebagai orang ke tiga dalam rumah tangga Kang Tom Cruise yang tampak harmonis itu.

Begitu juga dengan diri aku, aku ga dapat memaksakan agar semua orang menyukai apa yang aku suka. Tapi, aku harus bisa bertanggung jawab akan apa yang aku sukai itu dan aku tidak mau membutuhkan waktu yang sama dengan Tétéh Penélope untuk menyadarinya. 19 tahun itu terlalu lama untuk aku yang baru saja mengecap kehidupan selama 22 tahun ini! Cukuplah 3 hari ini untuk menyendiri, 3 jam ini untuk berkontempolasi, 3 menit ini untuk berbenah diri, dan 3 detik ini untuk tersenyum kembali.

Aku ga perlu melihat sosok sempurna ala para nabi untuk menyadari akan kesalahan yang pernah ku buat. Cukuplah tawa ini menjadi obat paling mujarap. And..."
hey, humans are too funny to be perfectly serious!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar